Gaji TKI di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara tujuan yang kerap menjadi impian para pekerja di Indonesia. Selain karena keindahan yang dimiliki oleh Jepang, gaji yang ditawarkan oleh negara ini bagi para pekerja yang datang di negara merekapun bisa dikatakan cukup besar. Karena itu, ini menjadi salah satu hal yang diperbincangkan oleh banyak orang yang ingin bekerja di sana. Daftar gaji TKI di Jepang juga dikatakan cukup lumayan dan banyak didapatkan oleh para pekerja di negara sana.

Untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai pekerjaan yang ada di Jepang dan bisa menjadi salah satu referensi tambahan untuk mereka atau siapapun yang memang sedang mencari kerja untuk didaftarkan ke Jepang sana. Kami telah menuliskan sedikit penjelasan mengenai pekerjaan apa saja yang sekiranya bisa didaftarkan di Jepang sana sekaligus pendapatan atau penghasilan yang biasa didapatkan oleh para pekerja yang telah lama berada di Negara Jepang.

Informasi Gaji TKI di Jepang

Kisaran Gaji TKI di Jepang

Dari sekian informasi yang kami dapatkan dari para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Jepang, daftar gaji TKI di Jepang yang didapat oleh mereka berkisar antara Rp17.237.519 sampai Rp304.971.490 dalam setiap bulannya. Pastinya pendapatan ini bukan menjadi salah satu tolok ukur utama ketika bekerja di Jepang. Ini merupakan penghitungan kasar dari para pekerja yang ada di Jepang. Sementara untuk gaji sesungguhnya memang berbeda dari kota-kota di sana.

Rata-Rata Gaji

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh para tenaga kerja Indonesia di Jepang adalah Rp68.287.094 per bulan. Per bulannya, gaji rata-rata yang didapatkan oleh para pekerja di Jepang sana berbeda dari daerah atau kota-kota yang ada di Jepang. Selain itu, rata-rata gaji tersebut sudah termasuk ke dalam penghitungan tunjangan maupun upah seperti makan, transportasi, dan lain sebagainya. Jadi, sekali lagi kami tegaskan bahwa rata-rata gaji tersebut tidak sepenuhnya sama didapat.

Persentasi Gaji TKI di Jepang

Untuk persentasi dari daftar gaji TKI di Jepang adalah sekitar 25% dari data pekerja mendapat gaji kurang dari Rp40.309.275, sementara untuk 75% dari pekerja mendapatkan lebih dari nominal tersebut. Persentasi gaji yang didapat oleh para pekerja telah dihitung berdasarkan dari beberapa pekerja yang telah lama menetap dan bekerja di Jepang serta telah mendapatkan gaji tetap yang tidak berubah cukup drastis di setiap bulan selama mereka bekerja menjadi tenaga kerja di sana.

Perbedaan Gaji TKI Antara Pria dan Wanita

Pria maupun wanita bukan menjadi salah satu tolok ukur utama mengenai pendapatan atau gaji yang didapat oleh mereka. Meski dalam teori berkata demikian, tetapi dalam kenyataan yang ada di lapangan, pria mendapatkan 6% lebih besar dibandingkan dengan para tenaga kerja Indonesia yang berjenis kelamin wanita. Meski demikian, ini tidak menjadi sebuah parameter yang krusial untuk pekerja mendapatkan gaji mereka masing-masing. Kinerja dan performa lebih penting.

Persentasi Kenaikan Gaji Tahunan Rata-Rata di Jepang

Dari daftar gaji TKI di Jepang, persentasi kenaikan rata-rata gaji tahunan yang didapat oleh para pekerja di Jepang sana adalah sekitar 8% setiap 16 bulan. Meski yang kita ketahui kenaikan gaji tahunan yang didapatkan biasanya dihitung ketika 12 bulan dari pertama kali mereka bekerja, tetapi pada kenyataan yang terjadi di lapangan, banyak orang yang tidak mendapatkan gaji mereka naik tepat dalam kurun waktu satu tahun atau 12 bulan dalam hitungan satu periode kalender.

Meski penjelasan di atas cukup membuat kaget, tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Karena pada dasarnya penghasilan dari pekerjaan Anda akan selalu diberikan sesuai dengan kontrak dan kinejra yang dihasilkan dari pekerjaan yang telah dilakukan tentunya. Kenaikan gaji ini akan mengikuti seiring berjalannya waktu, sehingga Anda tidak perlu berlebihan dalam menanggapi hal seperti ini. Yang penting adalah kinerja bagus yang diberikan pada pekerjaan.

Perbandingan Gaji TKI di Jepang Berdasarkan Kota

Penjelasan mengenai daftar gaji TKI di Jepang di atas tentunya akan berbeda dengan daerah atau kota-kota yang ada di Jepang. Perbedaan itu menjadi salah satu hal yang sekiranya cukup penting dan bisa menjadi salah satu referensi untuk memilih pekerjaan di kota yang sesuai dengan gaji yang Anda harapkan. Ini bisa diterapkan sebelum nantinya Anda memilih sebuah pekerjaan untuk diterima di salah satu perusahaan yang ada di daerah Jepang dan mulai bekerja di sana.

Di Fukuoka, Anda bisa mendapat 526,000 JPY. Di Kobe, per bulannya Anda bisa mendapatkan 515,000 JPY. Untuk Kyoto, Anda bisa mendapatkan 505,000 JPY dalam satu bulan. Di Osaka, per bulannya Anda bisa mendapatkan 555,000 JPY. Dalam sebulan di Sapporo, Anda bisa mendapatkan 535,000 JPY. Di Tokyo, Anda bisa mendapat 574,000 JPY per bulannya. Untuk Yokohama, Anda bisa mendapatkan setidaknya hingga 564,000 JPY.

Perbandingan Gaji Pemerintah vs Perusahaan Swasta

Perbandingan daftar gaji TKI di Jepang yang bekerja di pemerintah maupun perusahaan swasta memiliki sebuah perbedaan yang bisa dikatakan lumayan. Perbedaan di antara dua jenis ini adalah sebesar 4%. Meski demikian, kami kembalikan semuanya pada Anda untuk memilih di perusahaan jenis mana yang sekiranya bisa Anda daftarkan dan menjadikan salah satu perusahaan utama untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan atau gaji yang cukup fantastis di setiap jam kerja Anda.

Daftar Gaji TKI di Jepang Semua Profesi

Berikut ini adalah tabel daftar gaji tenaga kerja Indonesia di Jepang yang telah kami lansir dari gajiterbaru.com:

PekerjaanGaji Rata-Rata
Accounting and Finance
Accountant381,000 JPY
Accounting Assistant300,000 JPY
Accounting Manager766,000 JPY
Bookkeeper242,000 JPY
Chartered Accountant489,000 JPY
Corporate Treasurer686,000 JPY
Financial Analyst708,000 JPY
Financial Manager1,050,000 JPY
Internal Auditor485,000 JPY
Care Giving and Child Care
Nanny224,000 JPY
Nursery Teacher203,000 JPY
Pharmaceutical and Biotechnology
Biomedical Engineer464,000 JPY
Pharmacist681,000 JPY
Legal 
Attorney1,080,000 JPY
Legal Assistant293,000 JPY

Cara Menjadi TKI di Jepang

Jika Anda ingin merasakan daftar gaji TKI di Jepang yang telah kami sebutkan di atas, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri Anda segera. Cara untuk mendaftarkan diri agar bisa bekerja di Jepang adalah dengan mengunjungi Departemen Ketenagakerjaan dan mencari informasi melalui PPTKIS yang biasanya ada di setiap kecamatan. Di sana akan ada informasi yang cukup detail dan bisa digunakan oleh siapa saja untuk mendaftar pekerjaan di Jepang nanti.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai daftar gaji TKI di Jepang yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk bekerja di Jepang. Semoga bermanfaat dan selamat mencari pekerjaan yang cocok dengan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *