7 Tempat Wisata Terbaik di Lombok yang Lagi Hits (2022)

Selain Pulau Bali, Pulau Lombok juga jadi destinasi wisata terfavorit di Indonesia. Pulau ini memang dikenal dengan keeksotisan  pemandangan alamnya. Mulai dari  hamparan pantai tropis hingga pemandangan pegunungan yang cantik. Pulau Lombok menawarkan beragam pariwisata yang sempurna untuk honeymoon. Tak hanya itu, pulau wisata ini juga hadir dengan berbagai tempat wisata untuk self-healing. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Lombok:

1. Bukit Merese

Bukit Merese (kredit gambar: instagram.com/griyowisata/)
LokasiJl. Kuta Lombok, Kuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis (hanya perlu bayar Rp5.000 untuk parkir sepeda motor, Rp10.000 untuk parkir mobil)
Rating ulasan4,7/5.0 – 5,040 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 8 menit (54.4 km) lewat Jl. Bypass Bandara Int. Lombok
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSunrise point, sunset point, pemandangan laut lepas, pemandangan tebing pantai, pemandangan Pantai Tanjung Aan, camping ground

Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan tak akan terasa lengkap jika belum mengunjungi Bukit Merese. Apalagi, wisata bukit hijau ini memang berada satu jalur dengan arah ke pantai Tanjung Aan. Selain itu, sirkuit Mandalika yang populer juga berjarak sekitar 10 menit saja dari bukit. Jadi, Bukit Merese bisa jadi starting point yang sempurna untuk tur wisatamu di Lombok.

Bukit Merese adalah kawasan perbukitan yang sangat hijau. Rute menuju Bukit Merese sangat mudah dijangkau. Medan berupa jalan aspal yang mulus dan lebar bisa dilintasi sepeda motor, mobil, hingga bus pariwisata. Untuk mencapai puncak bukit, kamu harus berjalan mengikuti rute yang sedikit menanjak.  

Dari puncak bukit, kamu bisa menyaksikan lanskap pemandangan alam di Lombok yang sangat cantik. Terlebih, jika kamu datang saat musim hujan. Hamparan rumput hijau segar bak karpet dijamin akan membuatmu terpesona. Panorama lautan lepas berwarna biru dan gugusan karang hijau menyambutmu begitu sampai di puncak bukit. Dari sini, kamu juga bisa melihat pesisir pantai Tanjung Aan dengan jelas. Hawa khas pegunungan yang sangat sejuk juga akan membuatmu betah.

Kamu juga jangan sampai melewatkan kesempatan menyaksikan sunrise dan sunset. Ya, dari bukit ini kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise di salah satu sisi bukit. Untuk menikmati sunset, kamu hanya perlu berjalan ke sisi bukit lainnya. Bahkan, kamu juga bisa dengan bebas mendirikan tenda dan camp di sini. Namun, di sini tidak tersedia fasilitas apa pun. Jadi, kamu harus mengisi perbekalan saat sedang dalam perjalanan ke bukit ini.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan alam saja di sini. Kamu juga bisa melihat kumpulan hewan ternak yang sedang merumput. Para penggembala memang sering melepaskan sapi dan kerbaunya untuk merumput di sini. Menyaksikan hewan-hewan ternak ini berlarian dan berlompatan dengan bebas tentunya memberikan pengalaman indah tersendiri.

2. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok (kredit gambar: instagram.com/photocolonia/)
LokasiKuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 11,142 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 4 menit (50.8 km) lewat Jl. Bypass Bandara Int. Lombok
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSnorkling point, diving point, boat ride, pemandangan batu karang, upacara adat Bau Nyale, spot berfoto

Lombok pun memiliki Pantai Kuta dengan keindahan yang tak kalah saing. Pantai Kuta merupakan Pantai Lombok yang sangat populer. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Lombok sudah pasti akan berbondong-bondong mengunjungi pantai ini. Pantai seluas 7,2 kilometer ini terdiri dari pasir putih bersih yang sangat unik. Pasir di pantai ini memiliki bentuk berupa buliran-buliran seperti merica.

Di pantai ini terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Mandalika. Nama bukit ini diambil dari nama puteri raja yang menjadi legenda dan dipercaya oleh masyarakat setempat. Kamu bisa mendaki bukit tersebut untuk mendapatkan pemandangan laut lepas yang berkesan. Selain Bukit Mandalika, Pantai Kuta ini dikelilingi oleh gugusan bukit karang yang sangat kokoh dan indah. Lautan yang biru dan luas sangat memanjakan mata.

Pantai Kuta Lombok menawarkan beragam kegiatan seru. Laut di pantai ini memiliki riak ombak yang sangat tenang. Sehingga, anak-anak untuk berenang dengan aman. Pantai ini juga dikenal sebagai lokasi snorkling dan diving yang ideal. Kamu bisa menyaksikan keindahan terumbu karang di perairan dangkal.

Untuk yang tidak ingin berbasah-basah bisa menyewa perahu. Perahu ini akan membawamu berlayar mengelilingi area pantai. Kamu hanya perlu bayar sebesar Rp5.000 saja per orang. Di sini juga tersedia banyak sekali spot berfoto yang unik. Di sini juga terdapat area playground. Kamu juga bisa menggelar tikar dan menikmati piknik seru bersama teman-teman atau keluarga. Fasilitas seperti toilet, warung, mesin ATM, hingga tempat penginapan juga bisa kamu akses dengan mudah.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Kuta Lombok adalah antara Bulan Februari dan Maret. Di saat itulah upacara adat Bau Nyale digelar. Kamu bisa ikut berburu cacing Nyale bersama masyarakat setempat. Konon, cacing Nyale merupakan reinkarnasi dari Puteri Mandalika yang melakukan moksa. Cacing Nyale tersebut akan diolah menjadi aneka hidangan lezat.

3. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan (kredit gambar: instagram.com/hooltaye_w_podrozy/)
LokasiDesa Pengembur, Pujut, Sengkol, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis (hanya perlu bayar Rp5.000 untuk parkir sepeda motor, Rp10.000 untuk parkir mobil)
Rating ulasan4,6/5.0 – 3,562 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 1 menit (53.6 km) lewat Jl. Bypass Bandara Int. Lombok
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot berfoto, pemandangan gugusan bukit, Bukit Merese, spot berselancar

Pantai Tanjung Aan juga wajib ada di dalam bucketlist saat berkunjung ke Lombok. Pantai ini menawarkan keindahan alam tropis Lombok yang tak terlupakan. Dari pantai ini, kamu bisa menikmati Samudera Hindia dengan ombaknya yang berdebur. Pantai yang membentang hingga 2 kilometer ini juga menawarkan beragam fasilitas menarik. Tidak hanya cocok untuk lokasi berbulan madu, pantai ini juga banyak dikunjungi muda-mudi dan keluarga.

Pantai Tanjung Aan ini dikenal dengan keunikan pasirnya. Ya, kamu akan menemukan 2 jenis pasir di pantai ini. Yang pertama adalah pantai dengan pasir yang sangat halus. Sedangkan, di sisi lain juga terdapat pasir dengan buliran-buliran seperti butir merica. Deburan Ombak Hindia yang besar tentunya menarik minat para peselancar domestik maupun mancanegara.

Tapi, ombak di pantai ini tidak selalu ganas. Di waktu-waktu tertentu, ombak yang datang justru cenderung tenang. Sehingga, kamu bisa menikmati sensasi berenang di laut dengan aman. Untuk menikmati keindahan laut, kamu sebaiknya datang di musim kemarau. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan keindahan laut biru yang sangat jernih. Selain itu, ombak di saat musim kemarau juga tergolong lebih jinak.  

Terdapat spot berfoto berbentuk ayunan kayu yang cantik. Kamu bisa mendapatkan beragam foto instagramable dengan latar belakang pemandangan laut. Kamu juga bisa menyusuri pantai dan mengagumi keindahan gugusan bukit di sekitar pantai. Salah satunya adalah Bukit Merese yang juga sangat ikonis.

Bagi kamu yang berkunjung di siang hari, tak perlu khawatir merasa gerah. Karena, di pantai ini terdapat sejumlah gazebo kayu yang nyaman sebagai tempat berteduh. Kamu juga bisa menyewa sunbed lengkap dengan payung parasol yang terbuat dari kayu. Di pantai ini juga dihiasi dengan pepohonan yang sangat rimbun dengan dipan di bawahnya. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan lezat di SMILE Café.

4. Gili Trawangan

Gili Trawangan (kredit gambar: instagram.com/pelangi_lombok/)
LokasiGili Indah, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,6/5.0 – 2,111 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1,25 jam (26.3 km) lewat Jl. Raya Mataram
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSunrise point, sunset point, snorkling point, shark point, mengelilingi pulau dengan bersepeda, souvenirs shop, spot berfoto

Berlibur ke Lombok pastinya belum terasa komplit jika belum mengunjungi Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah gili atau pulau terbesar dari 3 pulau yang ada di Kepulauan Gili. Pulau ini sering menjadi destinasi wisata terfavorit bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Kamu memang bisa menikmati romantisnya suasana di pulau ini. Apa saja yang akan kamu temukan?

Hal menarik pertama yang akan kamu temui di Gili Trawangan adalah bentuk alat transportasi yang digunakan. Di sini, kamu tidak akan menemukan mobil atau sepeda motor. Moda transportasi yang bisa dipakai adalah sepeda kayuh. Kamu bisa menyewa sepeda kayuh dan bersepeda mengelilingi area pulau ini. Selain itu, kamu juga bisa membayar jasa kereta kuda atau andong. Tentu saja, kamu juga bisa pilih berjalan kaki untuk solusi yang lebih hemat.

Suasana pesisir pantai di Gili Trawangan ini juga sangat damai. Kamu bisa menikmati pemandangan pasir putih yang sangat bersih dan halus. Sejauh mata memandang, laut berwarna biru kehijauan yang jernih sangat memanjakan mata. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di pantai. Mulai dari berenang hingga menaiki perahu canoe. Bulan Januari – Juni jadi waktu yang tepat bagi peselancar. Tak hanya itu, Gili Trawangan juga memiliki 4 titik snorkling dan diving. Pemandangan bawah laut yang eksotis jelas tidak   boleh kamu lewatkan.

Gili Trawangan juga jadi lokasi yang tepat untuk berkenalan dengan teman baru. Di sini, terdapat banyak sekali café dan bar yang buka hingga larut malam. Selain menikmati hidangan, kamu juga bisa berpesta hingga pagi hari.

Gili Trawangan juga menyediakan banyak sekali villa dan tempat penginapan. Fasilitas yang disediakan masing-masing penginapan sudah pasti lengkap. Kamu bisa menyaksikan keindahan laut yang biru saat beristirahat di kamar. Jangan lupa untuk berbelanja aneka cinderamata khas Gili Trawangan di souvenirs shop.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani (kredit gambar: instagram.com/wisatadilombok_/)
LokasiSembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Wisatawan domestik:
Rp5.000/orang (Senin – Jumat) Rp7.500/orang (Sabtu – Minggu)
Wisatawan mancanegara:
Rp150.000/orang (Senin – Jumat) Rp250.000/orang (Sabtu – Minggu)
Rating ulasan4,5/5.0 – 1,944 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram3 jam (43.3 km) lewat Terminal Mandalika Mataram
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataBukit Penyesalan, padang savana, Palawangan Sembalun, anak Gunung Rinjani, pemandangan puncak Gunung Rinjani

Pulau Lombok tidak hanya populer dengan pesona pantai tropisnya. Kamu yang lebih menyukai alam pegunungan bisa berwisata ke Gunung Rinjani. Gunung setinggi 3.726 mdpl ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Banyak sekali  pendaki yang ketagihan gunung ini. Apa lagi jika bukan karena pemandangan alam yang sangat cantik setibanya di puncak.

Desa Sembalun menjadi titik awal pendakian terpopuler bagi para pendaki. Untuk menuju basecamp, kamu akan melintasi jalanan beraspal dengan medan yang cukup landai. Sepeda motor dan mobil bisa melintasi medan tersebut dengan mudah. Sesampainya di area Taman Nasional Rinjani, jalanan mulai menanjak dan sedikit curam.

Dari basecamp, kamu bisa menyewa ojek hingga sampai ke pos 2. Kamu perlu membayar biaya sebesar Rp200.000/orang jika menggunakan jasa ini. Kamu juga sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide. Untuk membantu mempermudah pendakian, kamu juga bisa menyewa jasa porter. Merekalah yang akan membawakan bekal logistik, seperti persediaan air bersih selama pendakian.    

Ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang akan kamu temui selama pendakian. Salah satunya adalah hamparan padang savana dengan rumput yang mencapai hingga 1,5 meter. Kamu juga bisa menemui monyet-monyet liar yang menjadi penghuni asli di gunung ini. Untuk kamu yang ingin berkemah, bisa mendirikan tenda di Palawangan Sembalun. Pemandangan sunset di area ini sangat indah.

Keindahan Segara Anak juga jangan terlewatkan. Danau kawah ini memiliki air yang sangat jernih. Apalagi, dengan pemandangan langit biru dan berbatuan karang yang mengelilinginya. Kamu juga bisa melihat anak Gunung Rinjani berdiri kokoh di atasnya. Dan tentu saja, pemandangan dari summit Rinjani menjadi pertunjukan puncak. Dari puncak gunung, kamu bisa menyaksikan seluruh bagian dari Taman Nasional. Seluruh Pulau Lombok dan Sumbawa juga terlihat sangat jelas dari sini.

6. Pantai Pink

Pantai Pink (kredit gambar: instagram.com/nananj25/)
LokasiJl. Pantai Pink, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang (wisatawan domestik)
Rp50.000/orang (wisatawan mancanegara)
Rating ulasan4,3/5.0 – 443 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 56 menit (81.8 km) lewat Jl. Bypass Bandara Int. Lombok
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan pasir pantai berwarna merah muda, snorkling, pemandangan pantai dari tebing

Pantai Pink tidak hanya ada di Pulau Komodo. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai yang unik ini di Lombok. Kamu akan menemui pasir pantai berwarna putih kecokelatan dan sedikit warna pink. Dipadu dengan lautan lepas berwarna biru kehijauan yang cantik. Gugusan perbukitan karang berwarna hijau di sekitar pantai membuat pemandangan makin memukau .

Tentunya, kamu merasa penasaran dengan warna pasir pantai yang unik ini. Warna pink pada pasir pantai ini ternyata disebabkan oleh serpihan-serpihan terumbu karang yang sudah mati. Serpihan-serpihan tersebut terbawa oleh ombak hingga sampai ke pantai. Warna merah muda yang unik ini tentunya tidak semerah seperti yang kamu lihat di foto-foto. Warnanya tergolong lebih samar. Namun, tentu saja hal tersebut tidak mengurangi keindahan pantai ini. Kamu bisa melihat warna pasir pink dengan jelas di waktu pagi hari sebelum matahari terbit.

Di beberapa titik, tersedia sejumlah spot berfoto yang sangat instagramable. Kamu bisa mengambil foto menarik dengan pemandangan pantai dengan latar belakang laut yang cantik. Keindahan alam bawah laut yang ada di laut pantai ini juga harus kamu nikmati. Pantai Pink memiliki sejumlah snorkling spot yang memukau. Kamu juga bisa berteduh di beberapa bangku dengan payung yang tersedia. Ada juga sejumlah warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Untuk mencapai Pantai Pink memang diperlukan perjuangan dan kesabaran. Akses jalan menuju pantai masih dalam kondisi yang kurang terawat. Sehingga, kamu akan membutuhkan berjam-jam untuk mencapai pantai ini. Kamu bisa memilih menyewa private boat. Atau, kamu juga bisa melewati jalur laut dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp30.000 – Rp40.000 untuk sekali jalan.

Sayangnya, keindahan pantai ini jadi tercemar gara-gara sampah yang berserakan. Sampah yang bertebaran di pantai terkadang terbawa oleh ombak laut. Sehingga, mengakibatkan kegiatan berenang dan snorkling  jadi terasa kurang menyenangkan.

7. Narmada Botanic Garden

Narmada Botanic Garden (kredit gambar: instagram.com/narmadabotanicgarden/)
LokasiJl. Wirabakti, Gandari, Narmada, Lembuak, Kec. Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 18:00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang Tiket masuk area kolam renang: Rp5.000/anak, Rp10.000/orang dewasa
Rating ulasan4,2/5.0 – 1,206 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram23 menit (13.5 km) lewat Jl. Raya Mataram – Labuhan Lombok
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataBotanic Fishing Club, spot berfoto, wisata petik buah, kolam renang

Narmada Botanic Garden jadi destinasi wisata terbaik untuk penggemar botani. Taman botani ini pertama kali didirikan di tahun 2018. Terpaan pandemi COVID-19 2 tahun lalu tak lantas membuat tempat wisata ini lumpuh. Setelah dibuka kembali, kamu bisa menikmati beragam pesona dan wahana yang tersedia. Apa saja?

Salah satu wahana terbaru adalah Botanic Fishing Club. Di sini, kamu bisa bertemu dengan sesama pemancing ikan. Kamu juga bebas memancing berbagai macam ikan yang dipelihara di kolam pemancingan tersebut. Dengan biaya Rp33.000 saja, kamu sudah bisa membawa pulang ikan pancinganmu.

Taman botani ini memiliki berbagai area menarik. Memasuki area taman, kamu akan langsung disambut dengan aneka tanaman hias yang cantik. Warna-warni bunga yang cerah juga semakin menambah keindahan. Spot berfoto seperti gerbang torii dan kuil khas Jepang jadi yang paling populer. Selain itu ada juga spot berfoto Rumah Hobbit dan gerbang lengkung yang terbentuk dari tanaman hijau.

Taman botani ini juga memiliki parit yang sangat besar dengan air yang jernih. Ratusan ikan koi yang dipelihara terlihat berenang dengan sangat lincah. Kamu bahkan bisa memberikan mereka makanan ikan yang dibeli seharga Rp5.000/gelas.

Wisata petik buah juga harus kamu coba di sini. Kamu bisa mengunjungi area kebun buah dan bebas memetik buah yang diinginkan. Untuk membawa pulang buah yang sudah dipetik, kamu harus membayar perkilonya. Namun, tidak perlu khawatir! Harga buah di sini ternyata sangat terjangkau. Yaitu mulai dari kisaran harga Rp20.000/kilo.

Di taman ini juga menyediakan area kolam renang yang sangat teduh. Ada kolam renang untuk anak maupun untuk orang dewasa. Di area kolam renang anak juga terdapat perosotan air dan pancuran. Untuk kenyamananmu, botanical garden ini menawarkan beragam fasilitas. Mulai dari toilet, mushola, ruang bilas (untuk kamu yang berenang), dan cafe.

Bagaimana? Tidakkah kamu setuju bahwa Pulau Lombok sangat menggoda untuk dijelajahi? Mulai dari pantai, gunung, maupun taman botani bisa kamu temukan di sini. Tidak hanya cocok untuk pasangan yang berbulan madu saja. Tempat-tempat wisata tersebut juga bisa meramaikan wisatamu bersama keluarga. Dari rekomendasi di atas, manakah tempat wisata yang sudah pernah kamu kunjungi? Yuk, share pengalamanmu lewat kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *