10 Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia (Terhits 2022)

Indonesia memiliki alam dan budaya yang begitu indah. Keindahan alam Indonesia bahkan dikenal sampai ke luar negeri. Ada banyak destinasi yang memesona di Indonesia. Namun, sejumlah tempat wisata memang berbeda dari yang lainnya. Tidak heran kalau tempat-tempat wisata ini menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Khususnya, di tahun 2022. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Indonesia:

1. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur (kredit foto: instagram.com/inostranka_rm/)
LokasiJl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.30-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Borobudur Rp50.000/orang dewasa
Borobudur Rp25.000/anak
Rating ulasan4,7/5.0 – 85.401 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataKompleks Candi Borobudur, taman bermain, wahana kapal, pasar suvenir

Candi Borobudur mudah untuk diakses. Kondisi jalan menuju lokasi beraspal halus. Kendaraan mobil, motor, hingga bus bisa sampai di sini. Sudah tersedia lahan parkir luas untuk kendaraan kamu. Kemudian, kamu akan bayar tiket masuk. Setelah itu, kamu bisa langsung masuk.

Dari loket ke lokasi candi, jaraknya cukup jauh. Jadi, persiapkan fisik kamu untuk berjalan kaki, apalagi jika di siang hari kondisinya panas terik. Apabila capek berjalan kaki, kamu dapat menyewa shuttle. Saat masih pandemi, ada kemungkinan pengunjung tidak diperbolehkan naik ke candi. Jadi, sampai di pelataran candi saja.

Candi Borobudur sendiri begitu besar, megah dan elok dengan banyak relief serta stupa. Nilai sejarah di situs wisata ini amat terasa. Pengunjung biasanya suka berfoto di berbagai sudut candi dan sekitarnya. Candi Borobudur dikelilingi area berumput hijau serta banyak pohon tumbuh di berbagai tempat.

Selain itu, juga ada fasilitas wisata lainnya. Ada wisata bermain dengan gajah, juga tersedia museum kapal. Pengunjung bisa menonton film tentang kapal dan ada atraksi ikan.

Sementara, untuk fasilitas di sini juga lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, warung. Selain itu, ada jasa kursi roda, bisa untuk lansia yang tidak dapat berjalan jauh. Tempat wisata ini cocok untuk keluarga, anak-anak, pasangan, lansia. Juga cocok untuk rombongan sekolah, kantor dan instansi.

2. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan (kredit foto: instagram.com/travel_in_progress/)
LokasiJl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 06.30-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp50.000/orang dewasa
Rp25.000/anak usia 3-10 tahun Gratis untuk anak usia di bawah 3 tahun
Rating ulasan4,7/5.0 – 75.286 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataKompleks candi Prambanan, Kompleks Candi Plaosan, pasar oleh-oleh, taman bermain, area camping ground, dll

Candi Prambanan juga terkenal seperti Candi Borobudur. Kedua candi ini juga berada di lokasi satu arah, tapi jaraknya cukup berjauhan. Kadang pengunjung suka mampir sekalian ke dua lokasi candi tersebut. Untuk Candi Prambanan, lokasinya mudah dijangkau dengan akses jalan yang baik.

Tersedia lahan parkir luas serta bisa untuk kendaraan motor, mobil, hingga bus. Setelah bayar tiket masuk, kamu bisa langsung menuju candi. Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Salah satu kelebihannya yaitu candi ini dirawat dengan penataan yang rapi. Meskipun panas, pengunjung biasanya ramai mengunjungi candi ketika siang. Oh iya, kalau berwisata ke candi, bawa topi atau payung saja. Biar kamu terlindung dari cuaca panas terik.

Berbeda dari Candi Borobudur yang merupakan satu bangunan candi super besar. Candi Prambanan terdiri dari candi-candi berukuran sedang hingga kecil yang tersebar di satu kompleks. Kawasan kompleks candi tersebut berbentuk persegi dengan ditumbuhi rumput hijau yang subur.

Biasanya aktivitas yang disuka pengunjung adalah berfoto serta membeli suvenir khas candi Prambanan. Selain itu, untuk fasilitas sudah ada lengkap. Tersedia toilet, musala, toko oleh-oleh, hingga warung. Tempat wisata bersejarah ini cocok untuk keluarga, anak-anak, pasangan, juga rombongan instansi, kantor dan sekolah.

3. Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta (kredit foto: instagram.com/lang.zhu/)
LokasiKec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/kendaraan
Rating ulasan4,5/5.0 – 36.582 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot untuk berselancar, pemandangan sunset, bibir pantai yang panjang

Pantai Kuta Bali bisa diakses dengan mudah, kondisi jalannya mulus. Akses menuju lokasi umumnya berupa jalan-jalan kecil yang di kanan-kirinya terdapat toko, restoran, kafe, hingga hotel. Paling ideal naik motor karena bisa leluasa bergerak saat macet sekalipun. Selain naik motor, pengunjung juga sering menggunakan mobil.

Idealnya datanglah saat sore menjelang sunset, tapi lebih awal. Jadi, tidak panas dan jalan belum terlalu ramai. Setelah parkir di pinggir pantai, kamu bisa langsung ke pantainya. Pantai Kuta luas dengan garis pantai yang cukup panjang. Pasir putih dengan ombak tenang akan menyambut kamu di sini.

Semakin sore, matahari terbenam makin mendekati cakrawala dan terlihat pantulan sinarnya di permukaan air laut. Aktivitas yang paling disuka pengunjung adalah melihat sunset, belajar surfing, serta menikmati kuliner. Jagung bakar menjadi favorit di Kuta.

Selain itu, kamu bisa jalan-jalan ke kawasan sekitar pantai. Ada jalan terkenal bernama Jalan Poppies 1 yang biasa disebut Poppies Lane. Ini adalah gang kecil yang tidak pernah sepi dan namanya sudah mendunia. Tempat populer lainnya adalah mall Beachwalk dengan interior terbuka di dalamnya, sangat keren.

Oh iya, seperti semua tempat wisata lainnya, pastikan kamu sudah install aplikasi PeduliLindungi. Atau, bawa kartu vaksin kamu, ya. Sebab, ini menjadi persyaratan untuk bisa check in.

Sementara, di pantai Kuta ada fasilitas toilet, penjual makanan dan minuman, hotel dan penginapan, kafe, restoran. Juga ada musala. Semuanya lengkap. Tempat wisata ini cocok buat keluarga, pasangan, teman, serta rombongan sekolah hingga kantor.

4. Terminal Wisata Grafika Cikole, Jawa Barat

Terminal Wisata Grafika Cikole (kredit foto: novihera17)
LokasiJl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Rating ulasan4,4/5.0 – 13.637 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataFlying fox, paint ball, fasilitas outbond, mini zoo

Terminal Wisata Grafika Cikole pas banget untuk pencinta alam. Tempat ini berupa penginapan di tengah hutan pinus. Tempatnya sudah dikelola serta disulap menjadi campground yang nyaman. Maka dari itu, Grafika Cikole merupakan salah satu tempat camping terbaik di Indonesia favorit para campers.

Selain ada campground untuk mendirikan tenda, di sini juga tersedia kamar-kamar untuk glamping. Masing-masing kamar berkapasitas untuk 2 orang, 4 orang, dan 6 orang. Camping di sini serasa di luar negeri, karena pemandangan tempatnya indah sekaligus menarik. Pengunjung pasti dibuat betah dan tak ingin pulang.

Jadi, kamu berada di dalam hutan dengan dikelilingi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Semuanya terlihat hijau dengan cuaca sejuk dan asri. Selain itu, ada fasilitas outbond, paint ball, flying fox penangkaran burung, tempat kelinci. Pengunjung juga dapat memberi makan rusa.

Di samping itu, akses ke lokasi mudah. Jalannya juga bagus. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat ke sini. Tempat parkirnya mungkin tidak seluas di tempat wisata lain, tapi cukup untuk mobil-mobil pengunjung. Ada juga fasilitas lainnya seperti toilet, musala, dan restoran.

Pengunjung suka aktivitas outbond, berfoto, memberi makan rusa serta berinteraksi dengan hewan. Lengkap, semua kesenangan alam ada di sini. Tempat ini cocok untuk camping maupun sekadar jalan-jalan. Bisa bersama keluarga, teman, pasangan, atau rombongan anak sekolah seperti TK dan SD.

5. Pantai Klayar, Jawa Timur

Pantai Klayar, (kredit foto: instagram.com/surya.jayadi/)
LokasiDesa Kalak, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang dewasa Rp10.000/anak-anak
Rating ulasan4,6/5.0 – 3.285 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataArea camping, Tanjung Klayar, pemandangan sunset, ATV (all terrain vehicle), pemandangan tebing karang Klayar Hill

Pantai Klayar berada di pinggir jalan besar sehingga mudah diakses. Jalan menuju lokasi juga bagus kondisinya beraspal halus. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat ke pantai ini. Setelah parkir dan bayar tiket masuk, kamu bisa langsung menuju pantainya.

Pemandangan Pantai Klayar sangat, sangat indah. Pantai ini memiliki pasir putih serta tebing-tebing karang. Ada bagian karang yang menjorok ke tengah laut, disebut dengan Tanjung Klayar. Sementara, air lautnya berwarna kebiruan jernih. Di samping itu, ada bukit tebing yang tinggi bernama Klayar Hill di sisi pantai.

Pantai Klayar juga terkenal sebagai tempat camping. Banyak pencinta alam yang suka camping di pantai ini, apalagi sudah disediakan campground. Aktivitas lainnya yang disukai pengunjung adalah naik ATV keliling pinggir pantai. Lalu, pengunjung juga suka berenang dan bermain air di bagian pantai yang berombak tenang.

Sekali lagi, pantai ini unik karena ada karang dan tebing yang indah. Jadi, tidak heran kalau jalan-jalan ke sini serasa ke pantai di luar negeri. Selain itu, fasilitas di pantai ini juga lengkap. Ada toilet, musala, warung makanan dan minuman, gazebo, penyewaan ban.

Waktu yang ideal untuk berkunjung adalah saat sore, sudah tidak terlalu panas terik. Selain itu, kamu tak perlu menunggu lama untuk melihat sunset yang cantik. Pantai ini cocok untuk tempat wisata keluarga dan anak-anak. Juga cocok untuk tempat hangout dengan teman, komunitas, dan orang-orang terdekat.

6. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba (kredit foto: instagram.com/kurniawansyahputra97/)
LokasiSumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Mulai dari Rp20.000 untuk setiap tempat wisata
Rating ulasan4,6/5.0 – 5.571 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataBukit Barisan, naik kayak keliling danau, panorama danau dikelilingi bukit, Bukit Holbung di Pulau Samosir, Desa Paropo

Danau Toba berada di Sumatra Utara. Danau ini memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman mencapai 505 m. Airnya terlihat biru gelap menandakan kedalamannya. Luasnya Danau Toba membuatnya seakan menyerupai lautan.

Untuk ke lokasi Danau Toba, jalannya berkelok-kelok, curam dan naik turun bukit. Kondisi jalan rata-rata bagus dan beraspal halus. Juga bisa dilalui motor, mobil, hingga bus. Namun, perlu hati-hati saat berkendara karena kondisi jalan dapat dikatakan ekstrem. Sementara, kalau sudah sampai di Danau Toba, ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Salah satunya, kamu bisa camping di Desa Paropo yang berada di pesisir Danau Toba. Kamu juga bisa mampir ke Bukit Holbung di Pulau Samosir. Kamu dapat mendaki ke puncak Bukit Holbung untuk melihat salah satu sisi Danau Toba dari ketinggian. Panorama tersebut terlihat eksotis, dengan lembah yang hijau di bukit sekeliling danau.

Ada juga salah satu tempat wisata hits di Pulau Samosir, yaitu Bukit Sibea-Bea. Dengan jalan berkelok-kelok naik turun bukit, sepanjang perjalanan terasa estetik dan instagrammable. Banyak masyarakat setempat yang mampir ke sini saat sore hari, jalan-jalan santai sambil berfoto. Jadi, sempatkanlah mampir kemari.

Untuk fasilitas, biasanya tersedia di tempat wisata yang kamu kunjungi. Umumnya, ada fasilitas umum seperti toilet, musala, dan warung. Danau Toba cocok untuk wisata keluarga, anak-anak, teman dan pasangan, komunitas hingga rombongan instansi.

7. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken (kredit foto: instagram.com/kotamanado/)
LokasiLiang Beach Bunaken, Wori, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.793 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSnorkeling, menyelam, naik kayak

Bunaken merupakan sebuah pulau yang terpisah dari semenanjung Sulawesi. Lokasi pulau Bunaken berada di Manado, Sulawesi Utara. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bunaken.

Untuk sampai di Bunaken, kamu bisa naik speedboat dari pelabuhan Manado, lama perjalanan sekitar 30-45 menit. Biaya sewa kapal speedboat sekitar satu juta sampai dua juta rupiah, tergantung jumlah penumpang. Jadi, biayanya dibagi untuk semua penumpang.

Bunaken memiliki terumbu karang raksasa dengan bentuk vertikal dan melengkung di bagian atasnya. Di samping itu, kehidupan bawah laut di Bunaken amat sangat indah.

Selain menyelam dan snorkeling, pengunjung juga bisa naik kayak untuk mengarungi permukaan laut yang jernih di Bunaken. Airnya hijau kebiruan bening dengan terumbu karang terlihat jelas di bawah permukaan air. Tidak heran apabila kegiatan snorkeling dan menyelam menjadi favorit wisatawan.

Oh iya, di sepanjang pesisir pantai Bunaken, terdapat penginapan untuk wisatawan. Selain itu, di bibir pantai, kamu akan melihat banyak kapal menepi dan parkir. Untuk fasilitas di Bunaken tersedia toilet, musala, banyak warung, serta berderet toko oleh-oleh dan suvenir.

Kalau kamu mau snorkeling, akan ada pengarahan dari instruktur ketika kamu naik kapal menuju tengah laut. Sementara, aktivitas favorit lainnya adalah bermain air dan pasir di pantai Bunaken. Biasanya, anak-anak yang menyukai aktivitas ini.

Pengunjung juga suka berfoto, terutama saat menyelam dan snorkeling. Jadi, kamu dapat mengabadikan keindahan bawah laut Bunaken. Kamu bisa cerita ke semua orang, “Aku pernah ke sini”.  Tempat wisata nan cantik ini cocok untuk keluarga, teman, serta pasangan.

8. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan (kredit foto: instagram.com/pelangi_lombok/)
LokasiGili Indah, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.500/orang (wisatawan domestik)
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.108 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot snorkling dan menyelam, pemandangan sunset, naik kuda di pesisir pantai

Gili Trawangan merupakan pulau di wilayah Lombok Utara. Untuk menuju ke pulau ini, kamu bisa menggunakan fast boat. Kalau sedang berada di Bali, kamu bisa berangkat dari Tanjung Benoa atau Pelabuhan Padangbai langsung ke GIli Trawangan.

Sementara, kalau berangkat dari Pelabuhan Bangsal Lombok, ada beberapa pilihan yang paling populer. Bisa naik public boat atau perahuRp15.000 per orang, dengan jam operasional pukul 7 pagi hingga 4 sore. Lama perjalanannya sekitar 30 menit.

Bisa juga naik public speed boat Rp85.000 per orang, dengan kapasitas penumpang 40-70 orang. Lama perjalanannya 10 menit.

Nanti, saat turun di Gili Trawangan, siap-siap basah sedikit. Setelah turun kapal, kamu akan langsung berpijak pada bibir pantai dengan air lautnya yang dangkal. Sehabis itu, kamu dapat menuju tempat penginapan kamu.

Kalau di Gili Trawangan, tidak ada kendaraan motor dan mobil. Hanya ada sepeda roda dua dan dokar atau cidomo. Biaya sewa sepeda antara Rp25.000-Rp50.000. Kalau biaya sewa dokar antara Rp150.000-Rp250.000.

Gili Trawangan sendiri memiliki pemandangan memukau. Pasir pantai putih bersih, air laut jernih kebiruan, dengan panorama langit yang indah apalagi saat sunset.

Pengunjung paling suka snorkeling dan menyelam. Aktivitas favorit lainnya adalah berkeliling naik sepeda dan dokar. Sementara, untuk fasilitas, ada toilet, musala, warung, hingga toko suvenirdan oleh-oleh. Liburan ke sini cocok untuk keluarga, teman, hingga pasangan karena suasana terasa romantis.

9. Piaynemo Raja Ampat, Papua Barat

Piaynemo Raja Ampat (kredit foto: instagram.com/ellveirene/)
LokasiGroot Fam, Saukabu, Kepulauan Raja Ampat, Waigeo Barat Kepulau, Saukabu, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 10.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp50.000/orang Rp300.000/kapal
Rating ulasan4,9/5.0 – 1.532 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataTelaga Bintang, puncak bukit Piaynemo

Untuk menuju Piaynemo Raja Ampat, rute paling umum adalah berangkat dari Sorong. Perjalanan dari Sorong ke Piaynemo yaitu melalui laut dengan lama waktu sekitar enam jam.

Bisa juga dari provinsi lainnya menuju Kabupaten Raja Ampat melalui jalur udara via Bandara Internasional Domine Eduard Osok Sorong.

Ada juga jalur lainnya. Dari Bandara Domine Eduard Osok Sorong lanjut ke Bandara Marinda di Kota Waisai, Pulau Waigeo, Raja Ampat. Dari sini menuju Piaynemo via kapal dengan lama perjalanan 2 jam.

Kalau pemandangan di Piaynemo sangat memesona. Sepanjang perjalanan menyeberang naik kapal, kamu melintas di antara pulau-pulau karst atau batu kapur yang eksotis. Sementara, air lautnya benar-benar hijau dan jernih.

Di Piaynemo, kamu akan sampai di dermaga. Biasanya, ada kapal-kapal di sini. Ada juga warga yang berjualan kelapa dan minuman lainnya di dermaga. Selain itu, ada fasilitas umum lainnya yaitu anjungan pandang dan toilet.

Selain itu, terdapat 320 anak tangga sampai ke puncak Bukit Piaynemo yang biasa disebut Top View of Piaynemo. Dari puncak, kamu bisa melihat seluruh gugusan karst yang ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau. Semuanya mengapung di atas perairan hijau kebiruan.

Aktivitas kesukaan pengunjung adalah berfoto, dengan diselingi istirahat sejenak sambil duduk-duduk. Ada juga wisatawan yang ikut open trip, sekalian mampir ke beberapa spot di Raja Ampat. Wisata ke Piaynemo cocok untuk keluarga, teman, sahabat, pasangan, dan orang-orang terdekat.

10. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo (kredit foto: instagram.com/karangadiprana/)
LokasiKomodo, Kec. Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Senin-Kamis Rp150.000/orang Jumat-Minggu Rp225.000/orang
Rating ulasan4,4/5.0 – 741 ulasan Google
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataJalur trekking, scuba diving, foto bersama komodo

Pulau Komodo berada di Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju Pulau Komodo, ada jalur udara, darat, dan laut. Perjalanan udara bisa dengan penerbangan langsung atau transit, tergantung kota asal dan maskapai kamu. Contohnya, penerbangan langsung dari Jakarta menempuh perjalanan selama 2 jam 20 menit.

Sementara, kalau jalur darat, ada bus dari Denpasar yang menyeberang dengan kapal ferry. Sedangkan, untuk jalur laut, kamu bisa naik kapal PELNI seperti di antaranya KM. Kelimutu, KM. Wilis, KM. Sirimau dan KM. Tilongkabila. Ada juga pilihan paket wisata yang praktis serta memudahkan perjalanan.

Sesampainya di Pulau Komodo, ada begitu banyak daya tarik yang akan kamu jumpai. Kamu juga tidak perlu khawatir karena sudah ada fasilitas lengkap. Tersedia toilet, area parkir, penyewaan kapal, pemandu wisata atau pawang, hingga resort.

Salah satu pesona Pulau Komodo adalah Pink Beach, yaitu pantai dengan pasir merah muda. Pasirnya benar-benar asli berwarna pink. Ceritanya bisa begitu karena pasir tersebut bercampur dengan butiran koral yang terkikis. Selain itu, ombak bergulung lembut di bibir pantainya, airnya jernih, tenang kebiruan.

Selain pantai yang memesona, kamu juga bisa jalan-jalan melihat komodo. Kemudian, kamu juga dapat snorkeling dan menyelam, melihat pemandangan bawah airnya yang indah. Liburan di sini paling fun dengan teman-teman, juga dengan pasangan. Bisa juga bersama keluarga.

Nah, itu tadi tempat wisata Indonesia yang mendunia. Berbagai destinasi tersebut memiliki keindahan tersendiri. Masing-masing punya ciri khas, mulai dari pesona alam yang eksotis sampai warisan budaya luhur negeri ini. Dari tempat-tempat wisata tersebut, mungkin ada yang pernah kamu kunjungi? Share pengalaman kamu di kolom komentar, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *