Seluk Beluk Tentang Ikan Mas yang Perlu Diketahui

Anda tentu sudah familiar dengan ikan mas, bukan? Ya, ikan mas yang disebut juga dengan nama ikan karper menjadi salah satu ikan air tawar yang paling populer. Di Indonesia sendiri, ikan mas mulai banyak dipelihara sejak tahun 1920.

Memiliki warna yang sangat cantik serta bisa tumbuh dengan ukuran yang cukup besar, ikan mas memang sangat pas dipelihara di rumah. Nah, berbincang tentang ikan mas, ada beberapa hal menarik yang perlu untuk Anda ketahui.

Penasaran? Simak ulasannya!

Asal dan Habitat Ikan Mas

Seluk Beluk Tentang Ikan Mas yang Perlu Diketahui

Ikan mas konon berasal dari daerah Eropa dan dataran China. Untuk ikan mas yang ada di Indonesia, banyak sumber yang mengatakan bahwa asal ikan mas tersebut adalah dari China yang kemudian dibawa dan dikembangkan di daerah Jawa Barat sekitar awal abad 19 silam.

Habitat asli ikan mas adalah pada air tawar dengan aliran yang tidak terlalu tinggi. Ikan ini bisa hidup pada ketinggian sekitar 150 hingga 600 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 25 hingga 30 derajat celcius.

Tidak hanya itu, ikan mas juga bisa ditemukan di perairan payau serta muara sungai dengan kadar garam sekitar 30 persen. Tentu, habitat yang berbeda nantinya akan berpengaruh pada ukuran tubuh ikan mas.

Makanan Ikan Mas

Terkait makanan, ikan mas sendiri merupakan binatang omnivora. Oleh karenanya, ikan yang satu ini merupakan pemakan segala, baik tumbuhan maupun binatang renik.

Hanya saja, makanan utama dari ikan mas di alam bebas adalah tumbuhan serta binatang yang hidup di dasar atau tepi lokasi hidupnya.

Selain itu, perlu diketahui bahwa ikan mas dibedakan menjadi dua, yaitu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi. Perbedaan ini berpengaruh pada makanan yang akan diberikan serta bagaimana cara perawatan ikan tersebut.

Misalnya saja, untuk ikan mas konsumsi, ada beberapa jenis yang cukup terkenal, yaitu Majalaya, Sinyonya, Merah Najawa dan lainnya. Untuk memancing ikan mas konsumsi di alam bebas, salah satu umpan ikan mas yang disarankan adalah cacing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *