Cara Menghapus Windows Old

Cara menghapus Windows old diperlukan ketika Anda memasang sistem operasi di dalam laptop. Seperti misalnya Anda melakukan upgrade dari sistem operasi Windows 8 ke Windows 10.

Sistem operasi di dalam sebuah laptop memang hal yang sangat penting. Sebab sistem operasi inilah yang memiliki peran utama dalam menjalankan setiap fungsi pada perangkat PC ataupun laptop. Sistem operasi sendiri memang terus berkembang. Untuk Windows sendiri telah melakukan beberapa kali pengembangan sistem operasi yang hingga saat ini telah mencapai versi Windows 10 dan Windows 11.

Ketika Anda melakukan upgrade Windows, maka folder Windows.Old akan muncul di dalam laptop Anda. Folder ini biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar. Namun tenang saja karena Anda bisa menghapusnya.

Fungsi dari Windows.Old

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa folder Windows old akan muncul ketika Anda melakukan upgrade sistem operasi. Lalu apa sebenarnya dari fungsi folder yang satu ini?

Sebelum memahami cara menghapus Windows old memang ada baiknya Anda memahami fungsinya terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa menentukan apakah tetap menghapusnya atau membiarkan folder tersebut.

Sebenarnya folder ini berisi sistem operasi Windows lama sebelum diupgrade. Sehingga ketika Anda melakukan upgrade OS, Windows lama tidak benar-benar hilang. OS lama tersebut tersimpan dalam folder bernama Windows old.

Fungsi dari folder ini adalah untuk melakukan downgrade ke windows versi sebelumnya. Karena perlu diakui bahwa tidak semua orang suka dengan pembaruan yang ada di dalam Windows terbaru.

Sehingga jika Anda juga merasa tidak cocok dengan Windows terbaru, bisa melakukan downgrade ke sistem Windows lama. Keberadaan folder Windows old akan mempermudah Anda melakukannya.

Apakah Boleh Menghapus Folder Windows Old?

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah folder Windows old tersebut boleh dihapus. Sebab banyak orang yang khawatir bahwa menghapusnya akan membuat kerusakan pada sistem operasi di dalam laptop.

Namun kekhawatiran tersebut adalah keliru, karena menghapus folder Windows old tidak akan menimbulkan masalah pada laptop Anda. Sehingga Anda bebas melakukan cara menghapus Windows old.

Justru pada beberapa varian laptop, menghapus folder ini lebih disarankan. Apalagi mengingat kapasitas folder tersebut biasanya cukup besar hingga memakan beberapa Giga memori penyimpanan di dalam laptop.

Meski begitu, sebelum melakukan penghapusan folder ada baiknya Anda memastikan bahwa sudah nyaman dengan sistem operasi Windows yang baru. Karena ketika folder dihapus, Anda akan kesulitan untuk melakukan downgrade.

Tutorial Lengkap Cara Menghapus Windows Old di Disk C

Folder Windows old sendiri biasanya berada di dalam disk C. Jangan sembarangan menghapus folder di dalam disk ini karena biasanya berisi file penting. Berikut adalah langkah aman menghapus Windows old yang dikutip dari Thelastsurvivors:

  1. Klik kanan pada disk C
  2. Lalu pilih Properties
  3. Selanjutnya klik pada “Disk Cleanup”
  4. Sistem akan melakukan scanning pada folder yang bisa dihapus
  5. Klik pada “Cleanup system files”
  6. Sistem akan melakukan scanning sekali lagi
  7. Setelah itu akan muncul beberapa file dan folder yang bisa dihapus
  8. Centang box di samping “Previous Windows installation(s)”
  9. Anda juga bisa memilih file lain yang hendak dihapus
  10. Tekan tombol OK
  11. Lalu klik “Delete Files” dan “Yes”
  12. Maka folder Windows old akan terhapus.

Untuk menghapus folder ini memang cukup mudah. Hanya saja menemukan tempat folder tersebut yang sulit. Tetapi sekarang Anda telah mengetahui caranya dan tidak akan merasa kesulitan.

Dengan menghapus folder Windows old, kapasitas memori di laptop akan semakin besar. Oleh karena itu cara menghapus Windows old sangat penting dipahami khususnya oleh pemilik laptop dengan kapasitas penyimpanan kecil.